Blog

Setiap Malam, Ratusan Alumni GBC Hadir dari Live Webinar Membahas Cara Bangkit dari Krisis.

Coach Dr Fahmi - Setiap Malam Ratusan Alumni GBC Hadir dari Live Webinar Membahas Cara Bangkit dari Krisis
Bangkit / Krisis / pandemi / Strategi Bisnis

Setiap Malam, Ratusan Alumni GBC Hadir dari Live Webinar Membahas Cara Bangkit dari Krisis.

Dunia sedang dilanda krisis ekonomi yang cukup parah dan melanda berbagai sektor akibat wabah virus corona yang semakin meluas ke berbagai negara. Di Indonesia, krisis ekonomi akibat masa pandemi ini juga dirasakan oleh pelaku usaha mulai dari skala kecil hingga besar. Menghadapi krisis ekonomi memang tidaklah mudah karena dibutuhkan kesabaran dan pengelolaan keuangan yang tepat agar sebuah usaha tidak mengalami gulung tikar.

Berkaitan dengan upaya menghadapi krisis masa pandemi tersebut, Coach Dr. Fahmi mengajak para alumni Grounded Business Coaching (GBC) untuk mengikuti Live Webinar setiap malam. Live webinar tersebut dilaksanakan secara terjadwal dan membahas mengenai cara bangkit dari krisis. Seperti yang diketahui, mayoritas alumni GBC merupakan para pelaku usaha dalam berbagai bidang dan berbagai profesi. Melalui live webinar ini, diharapkan setiap alumni GBC bisa menemukan solusi yang tepat untuk mempertahankan usahanya sekaligus bangkit dari krisis yang melanda negeri ini.

Penyebab Krisis Masa Pandemi yang Tak Kunjung Berakhir

Sebelum membahas mengenai cara bangkit dari krisis di masa pandemi, Coach Dr. Fahmi memberikan gambaran dan pembahasan kepada para peserta Webinar mengenai kondisi krisis masa pandemi dan penyebabnya. Coach Dr. Fahmi menjelaskan, bahwa krisis ekonomi akibat pandemi covid-19 ini dapat dikatakan lebih parah dibandingkan krisis ekonomi tahun 1998. Meski pada waktu itu ekonomi Indonesia pernah porak poranda, tetapi saat ini kondisi tersebut tak kalah memprihatinkan.

Pada krisis tahun 1997-1998 dapat dikatakan berbeda dengan krisis pandemi corona. Dimana pada krisis 1997-1998, kondisi perusahaan-perusahaan di Indonesia terutama perusahaan sangat babak belur akibat krisis. Tetapi pada waktu itu, UMKM masih bisa bertahan dan membantu perekonomian di Indonesia. Hal tersebut juga terjadi pada krisis 2008 yang dapat diredam oleh pemerintah melalui dorongan untuk meningkatkan konsumsi dalam negeri. Karena kondisi tersebut lebih bersifat eksternal.

Sedangkan pada krisis pandemi covid-19 ini, berbagai sektor skala besar dan kecil ikut merasakan dampaknya. Hal ini diperparah dengan adanya social distancing yang berdampak pada aktivitas ekonomi yang susah untuk berjalan. Masa pandemi seperti saat ini memang begitu rumit karena dengan menyebarnya virus menjadikan aktivitas produksi ikut terpukul dan menyebabkan terjadinya supply shock. Berikutnya banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan serta pendapatan sehingga menyebabkan terjadinya demand shock.

Coach Dr. Fahmi menambahkan, adanya kebijakan social distancing yang kini semakin digencarkan menjadi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga memberikan dampak yang luar biasa bagi pasar. Dimana pasar menjadi sepi karena masyarakat harus membatasi interaksi dengan orang lain termasuk transaksi jual beli secara langsung agar penularan virus corona dapat diminimalisir. Padahal, aktivitas ekonomi harus ada pertemuan antara penjual dan pembeli di pasar. Jika aktivitas tersebut dibatasi, maka aktivitas ekonomi juga terhenti sehingga menimbulkan krisis bagi para pelaku bisnis.

Masa pandemi covid-19 memang sangat sulit diprediksi kapan akan berakhir sehingga segala aktivitas ekonomi belum tentu dapat kembali normal begitu saja. Apalagi krisis yang dialami lebih parah, tentu dibutuhkan masa bangkit yang lebih lama dan membutuhkan upaya yang lebih besar. Berkaitan dengan upaya bangkit dari masa krisis masa pandemi, Coach Fahmi ingin memberikan beberapa cara untuk bisa bangkit dari krisis tersebut.

Cara Bangkit dari Krisis bagi Pelaku Usaha

Saat bisnis yang Anda jalankan harus diterpa badai krisis maka Anda dituntut untuk bisa bangkit dan tetap tangguh menghadapi masa krisis tersebut. Apabila Anda menyerah begitu saja, kemungkinan bisnis yang Anda jalankan akan gulung tikar dan berakhir begitu saja. Justru dengan adanya krisis, Anda bisa lebih matang dan terasah untuk menghadapi tantangan dan masalah tersebut. Yang Anda lakukan adalah menyusun strategi bisnis baru dengan adanya perubahan dari dampak pandemi ataukita sebut dengan develop agenda for change. Berikut ini Coach Dr. Fahmi memberikan beberapa cara agar bangkit dari krisis setelah masa pandemi berakhir.
1. Berinovasi
Coach Fahmi mengajak para alumni GBC untuk bangkit dari krisis dengan terus berinovasi terhadap bisnisnya salah satunya dengan observasi produk yang lagi tending atau biasa kita kenal dengan analyze future trends. Selain itu Anda harus terus menjaga hubungan baik bersama rekan bisnis yang sudah dimiliki serta selalu percaya diri ketika berhadapan dengan klien maupun pelanggan. Cara ini dapat membangkitkan pikiran-pikiran dan energi postif Anda atau kita sebut radiate positive energy sehingga dapat mendorong munculnya ide-ide baru. Sehingga ide-ide tersebut bisa dipergunakan untuk menemukan peluang baru serta melakukan inovasi usaha.

2. Mengatur Keuangan Bisnis
Saat masa krisis, pemasukan bisnis Anda akan menurun drastis bahkan bisa hilang sama sekali. Sehingga Anda perlu mengatur keuangan bisnis supaya kebutuhan bisnis dapat terpenuhi. Selain itu, Anda juga bisa berhemat agar bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan selama masa krisis. Aturlah aset-aset bisnis sebagai penopang keuangan sekaligus modal untuk bangkit dari krisis.

3. Jadikan Kegagalan Sebagai Pelajaran
Ketika menghadapi masa krisis, Anda harus melakukan analisa untuk menemukan letak kesalahan serta hal-hal yang perlu diperbaiki. Iya … learn from failures, learn from criticism, continuous learning and continuous improvement. Dengan begitu, selanjutnya Anda bisa menemukan strategi dan langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan perbaikan serta pencegahan atau create compelling strategy. Jadikan kegagalan serta kesalahan sebagai pengalaman sekaligus pelajaran agar usaha yang Anda jalankan semakin baik dan berkembang. Anda bisa membuat rencana serta memikirkan kemungkinan yang dapat di terjadi di masa mendatang. Bila menghadapi masa krisis, jangan menyerah karena Anda harus fokus dan kembali bangkit. Segera bangkit begitu Anda jatuh. Karakter jatuh bangun kita kenal dengan istilah Bounce back mentality. Sebab masa depan tidak berubah bila Anda masih terpaku pada kegagalan masa lalu.

4. Mempunyai Team Work yang Solid
Supaya usaha Anda kembali bangkit dari krisis, maka Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Tetapi harus dibentuk team work yang solid bersama orang-orang hebat di dalamnya. Anda harus merekrut orang orang yang memiliki satu visi atau develop team for accomplish goals. Dengan begitu usaha Anda bisa bangkit dari krisis dan dapat lebih maksimal untuk ke depannya. Selain itu, Anda juga harus menganalisa kelebihan dari masing-masing anggota tim. Jadikan kelebihan tersebut sebagai kekuatan dan temukan cara-cara agar memaksimalkan kelebihan tersebut demi kemajuan usaha.

5. Nikmati Keberhasilan Kecil dari Bisnis Anda
Agar bisa bangkit dari masa krisis, sebaiknya Anda selalu menghargai dan menikmati setiap transaksi dari pelanggan sekecil apapun itu. Dengan tetap menjaga pelayanan dan loyalitas kepada pembeli, kemungkinan pelanggan akan terus bertahan menjadi pelanggan Anda. Melalui transaksi-transaksi kecil tersebut dapat mendatangkan transaksi yang lebih besar dan berdampak bagi kemajuan bisnis setelah masa pandemi. Sehingga Anda perlu menikmati sekecil apapun keberhasilan yang Anda raih dalam bisnis tersebut sebagai motivasi untuk mengembangkan bisnis selanjutnya.

6. Setiap Proses Membutuhkan Waktu
Untuk bisa bangkit dari krisis, maka Anda harus menjalani serangkaian proses yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Selain waktu, dibutuhkan juga usaha yang lebih keras supaya apa yang Anda targetkan dapat segera tercapai dan membawa usaha Anda lepas dari masa krisis. Melalui masa krisis yang Anda alami, sebetulnya dapat menjadikan Anda lebih tangguh dan dewasa untuk menghadapi masalah. Business owner mentality Anda akan semakin kuat. Kembangkan diri Anda seiring berjalannya waktu. Apalagi bisnis Anda saat ini mungkin akan berbeda dari sebelum diterjang krisis masa pandemi. Anda perlu menikmati setiap proses kebangkitan dari masa krisis agar semakin banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa diperoleh untuk perkembangan bisnis tersebut di masa mendatang.

Beberapa cara bangkit dari krisis seperti yang sudah disampaikan oleh Coach Dr. Fahmi seperti di atas, bisa diterapkan oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia. Melalui live webinar tersebut diharapkan tidak hanya alumni GBC saja yang bisa bangkit dari keterpurukan bisnis di masa pandemi, tetapi juga berbagai sektor bisnis dari skala kecil hingga besar.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping