Blog

Punya Mentor Bisnis yang Tepat, Omzetpun Tetap Melesat Meski Ditengah Pandemi.

suasana-kegiatan-workshop-grounded-business-coaching-led-by-coach-dr-fahmi-7-768x512
pandemi / Strategi Bisnis

Punya Mentor Bisnis yang Tepat, Omzetpun Tetap Melesat Meski Ditengah Pandemi.

Memilih mentor yang tepat itu penting. Dan kenapa kita harus punya mentor dalam berbisnis? Mentor dapat membantu kita memberi gambaran tentang apa yang akan kita hadapi kedepannya. Sehingga, kita akan lebih bijaksana ketika menggeluti bidang bisnis tertentu. Jika kita mempunyai mentor, kita mempunyai keuntungan untuk bisa mendapat pengetahuan dari orang yang sudah “terjun” duluan di bidang bisnis tersebut. Dan tentunya kita harus bisa mendapatkan mentor yang tepat yang akan membimbing kita ke gerbang kesuksesan. Karena Salah satu kunci kesuksesan dalam karir maupun bisnis adalah dengan adanya peran seorang mentor. Karena begitu besarnya peran mentor, maka dari itu kita juga harus mempunyai standar tertentu dalam memilih mentor yang akan membantu kita dalam melakukan scale up bisnis atau pun karir kita kedepannya. Nah, berikut ini kita bagikan tips memilih mentor yang tepat!

1. Sosok yang Bisa Mendukung kita Mewujudkan Mimpi kita
Carilah mentor yang bisa mendukung kita dalam mewujudkan mimpi kita. Mentor yang bukan hanya mendukung kita saat senang, tapi juga bisa mendukung kita saat terpuruk. Dan penting sekali punya mentor yang punya pemikiran optimis dan berani melangkah, supaya bisa tertular kepada kita juga hal-hal positifnya dan membuat kita semakin semangat.

Dr. Imam Muhajirin Elfahmi atau yang akrab disebut Coach Dr. Fahmi, adalah salahsatu mentor yang tepat yang bisa kita jadikan pembimbing kita dalam menggapai mimpi-mimpi dalam bisnis kita. Beliau merupakan Pembina dari The Indonesian Board of Grounded Business Coaching, yaitu Lembaga Coaching dan Mentoring yang didalamnya termasuk program Business Coaching for Scaling Up.

2. Cari Mentor yang Minatnya Sesuai Denganmu
Alangkah lebih baiknya jika kita dan mentor yang kita pilih memiliki minat yang sama terhadap suatu bidang. Misalnya kita berminat untuk mendirikan bisnis di industri kuliner, maka dari itu carilah mentor yang juga memiliki minat yang sama atau dia yang sudah terjun langsung di industri tersebut. Yang mana tujuannya adalah supaya kita bisa lebih mudah berdiskusi dan mencari solusi bersama saat menemukan hambatan. Mentor yang bidangnya sesuai dengan kita juga lebih mudah memberikan referensi sumber belajar kepada kita.

3. Sosok yang Sudah Berpengalaman dan Memiliki Pencapaian
Maka carilah mentor yang tepat dan sudah terbukti sukses, dimana hal ini bisa membuktikan bahwa dia telah memiliki pencapaian dan bisa menginspirasi kita untuk bisa sukses juga seperti dia. Cari juga mentor yang tepat dengan melihat berapa banyak orang yang sukses ia mentori. Kedua hal ini tentunya bisa memastikan bahwa ia adalah sosok yang bisa membawa kita menuju kesuksesan yang ingin kita capai.

Sungguh, kesuksesan tidak bisa digapai dengan sendirian. Jika kita ingin mencapai kesuksesan dalam suatu bidang tertentu diantaranya sukses dalam berbisnis, maka salah satu kunci dari kesuksesan tersebut yaitu dengan kita mempunyai mentor. Karena, banyak pebisnis yang gagal dan akhirnya memilih untuk menyerah karena tidak adanya dukungan dari satu orang yang sudah ahli di bidangnya. Maka, memilih mentor yang tepat adalah penting.

Lantas, seberapa penting kah peran seorang mentor dalam perjalanan mencapai kesuksesan bisnis kita? Selain dapat memberikan dukungan, mentor juga berperan lain dalam kesuksesan kita, diantaranya:
1. Membuat kita selalu semangat dan tidak gampang menyerah
Tentunya membangun bisnis juga tidak mulus-mulus saja, pasti kita akan mengalami jatuh bangun dalam menjalankannya. Nah di saat kita jatuh, tentunya kita butuh dukungan dan penyemangat supaya kita tidak menyerah begitu saja. Selain bisa memberi dukungan kepada kita, tentunya mentor juga akan memberikan solusi terbaik untuk kita melanjutkan bisnis kita.

2. Langkah kita Menjadi Lebih Terarah
Patinya kita jadi tahu apa saja yang harus kita lakukan dalam memulai dan menjalankan bisnis kita. Diibaratkan kita sedang mencari alamat, kita pasti membutuhkan peta untuk memberi arahan supaya kita tidak nyasar. Nah, sama seperti mentor, mereka adalah orang yang lebih berpengalaman dan tentunya bisa mengarahkan dan membimbing kita dalam menjalankan bisnis kita. Kita bisa menyampaikan ide-ide kita dan berdiskusi dengan mentor kita mengenai langkah-langkah yang harus dijalankan.

3. Belajar Lebih Banyak, maka Sukses pun Lebih Cepat
Mentor sudah pasti punya banyak pengalaman dalam membangun dan menjalankan bisnisnya. Kita pun bisa belajar dari pengalaman tersebut yang tentunya berguna bagi kita dalam merencanakan strategi bisnis kita kedepannya. Kita juga bisa bertanya dan berkonsultasi berbagai hal secara detail ke mentor kita. Begitu pun mentor juga tentunya akan membagikan saran terbaik buat kita supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti yang dialami mentor kita.

4. Membawamu Ke Relasi yang Lebih Luas
Pastinya mentor adalah orang yang sudah lama terjun di dunia bisnis dan punya banyak relasi. Nah, mentor ini yang akan membawa kita ke relasi yang dia miliki supaya kita bisa lebih berkembang dan membuka akses untuk kita supaya bisa berdiskusi dengan orang-orang sukses. Nah selain itu, dilansir dari Entrepreneur.co, biasanya para investor sudah lebih percaya dengan bisnis yang direkomendasikan oleh teman mereka, salah satunya melalui mentor kita tersebut.

Dengan memiliki mentor yang tepat, berpengalaman dan memiliki relasi yang luas maka akan memberikan Anda sebuah jalan pintas untuk mencapai kesuksesan bisnis bahkan percepatan pertumbuhan bisnis Anda.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping