Blog

Membangun Tim Kerja yang Solid Menjadi Kunci Kesuksesan dalam Bisnis.

Coach Dr Fahmi - Membangun Tim Kerja yang Solid Menjadi Kunci Kesuksesan dalam Bisnis
Team

Membangun Tim Kerja yang Solid Menjadi Kunci Kesuksesan dalam Bisnis.

Suatu perusahaan atau startup, baik dalam bidang apapun tentu memerlukan tim kerja yang solid dalam upaya pencapaian targetnya. Maka, seorang pimpinan perusahaan atau startup tersebut harus mampu membangun tim kerja yang solid, yang mana tim solid tersebut lah yang akan bersama-sama dalam menghadapi semua masalah dan menyelesaikannya. Dengan mempunyai tim yang solid dan loyal juga, dengan kerjasama kita dapat melewati rintangan-rintangan bisnis di depan kita, misal saat kondisi krisis.

Banyak orang akan mempertanyakan keefektifan jumlah sumber daya manusia (SDM) dalam 1 tim. Semakin banyak sumber daya manusia (SDM) dalam suatu tim tersebut, seolah semua tidak akan efektif dalam bekerja. Namun nyatanya, setiap perusahaan yang baik akan memanfaatkan kinerja, keahlian dan bahkan peluang sukses masing-masing orang dalam tim tersebut untuk bisa membantu kesuksesan perusahaan.

Dikutip dari wikipedia, “Tim adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual. Tim bisa melakukan berbagai hal: membuat produk, memberikan jasa, menegosiasikan berbagai perjanjian, mengoordinasi proyek-proyek, memberikan nasihat, dan membuat keputusan.”

Pada artikel kali ini, kita akan membagikan tips-tips jitu dalam upaya membangun tim kerja yang solid. Apa saja kah itu?

Kenali Setiap Anggota Tim Dengan Baik dan Lakukan Pendekatan secara Individual
Bagaimana bisa kita mengandalkan anggota tim jika kita tidak tahu sama sekali tentang mereka? Mulailah sebuah percakapan untuk mengenal lebih dalam tentang anggota tim kita. Ini adalah bekal awal agar kita mendapatkan respect dari mereka.

Setiap orang memiliki perbedaan baik dari keahlian, kesukaan ataupun hal yang ingin mereka capai. Ada baiknya setiap anggota di dalam tim mengenal satu dengan lainnya. Tentu saja untuk lebih menghargai satu dengan lainnya. Mendukung apa yang ingin dicapai dan menghindari perselisihan karena tidak saling mengenal satu sama lain.

Ada baiknya setiap anggota tim saling menyampaikan apa yang menjadi kelebihan dan kekurang mereka, tentu saja hal yang ingin mereka bagikan dan tanpa ada paksaan, karena setiap orang juga memiliki ruang untuk privacy mereka sendiri.

Setiap orang harus menghargai apapun yang disampaikan. Suka ataupun tidak suka, setiap orang yang berpendapat harus dihargai. Jika suka maka bisa langsung disampaikan, jika tidak suka juga baiknya kita sampaikan, tentunya pada waktu yang tepat. Dan pastinya untuk mendapatkan suasana kerja yang nyaman dan membangun Tim kerja solid.

Meluangkan waktu untuk Hangout bersama Tim
Hal ini bisa menjadi bagian yang dapat membuat semua anggota tim lebih mengenal satu dengan lainnya. Gunakan 1 atau 2 kali dalam 1 bulan untuk keluar dan menghabiskan waktu bersama di luar kantor. Menikmati secangkir kopi dan saling bertukar pikiran, akan lebih merekatkan hubungan antar anggota tim.

Bahkan tidak ada yang menyangka, jika acara sederhana ini bisa saja memunculkan ide-ide baru untuk bisnis yang sedang kita jalani.

Menggunakan Platform Teamwork
Jika kita bekerja di dunia digital yang erat kaitannya dengan teknologi terbaru, maka bukan hal yang sulit untuk menemukan platform kerjasama. Seperti Trello, Taiga.io yang digunakan untuk menuliskan to do list bersama dalam sebuah tim. Slack yang bisa kita gunakan untuk melakukan percakapan dalam perusahaan, dan Google Drive dengan semua fiturnya yang dapat digunakan untuk saling bekerja bersama.

Dengan memanfaatkan platform kerja bersama tersebut, maka akan lebih mudah bagi semua anggota tim berkolaborasi menciptakan karya dan pekerjaan bersama.

Belajar banyak hal baru bersama
Selain bekerja dengan platform bersama, ternyata ada banyak hal yang bisa kita lakukan bersama tim kita, yaitu belajar hal baru bersama. Misalnya saja kita datang ke sebuah seminar atau melakukan perjalanan yang dapat memunculkan ilmu baru bersama.

Setiap anggota dari tim kita mungkin memiliki pemikiran dan ide perjalanan yang berbeda. Itu sebabnya, komunikasi dan diskusi perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memutuskan akan pergi kemana atau akan ikut kegiatan apa secara bersama-sama.

Selalu bersikap Profesional
Saat kita sedang bekerja, buanglah permasalahan personal dengan karyawan kita dan fokus sepenuhnya pada pekerjaan. Jangan sampai urusan pribadi jadi berdampak buruk pada kondisi perusahaan kita.

Memberi Penghargaan kepada Tim
Untuk membangun Tim Kerja Solid dan loyalitas tim terhadap perusahaan kita adalah dengan memberikan penghargaan terhadap karyawan kita yang berprestasi, bahkan untuk karyawan yang tidak berprestasi pun, karena mereka sudah banyak membantu untuk perusahaan kita.

Penghargaan tersebut bisa berupa ucapan terima kasih, cara tersebut adalah bentuk penghargaan yang paling sederhana. Tentu saja dengan memberikan penghargaan lain, agar setiap karyawan lebih bersemangat dalam menggapai prestasi-prestasi selanjutnya.

Penghargaan juga bukan sekedar untuk memberikan semangat bagi karyawan untuk terus berprestasi dan memberikan manfaat untuk perusahaan. Akan tetapi juga untuk membangun Tim Kerja Solid untuk perusahaan.

Itulah tips-tips dalam upaya membangun tim kerja yang solid, yang akan menumbuhkan rasa semangat dan loyalitas tinggi tim kita dalam mencapai visi dari perusahaan kita. Jika masih bingung, bagaimana seharusnya kita membimbing dan membawa tim kita supaya solid dan loyal terhadap perusahaan, Grounded Execution Training (GET) siap membantu melatih Anda untuk bisa membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang Solid dan mempunyai Loyalitas tinggi untuk perusahaan Anda, sehingga Visi dari tujuan perusahaan Anda akan tercapai.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping