Blog

PERJALANAN COACH DR. FAHMI MERINTIS KARIR, YANG KINI MENJADI COACH BISNIS BAGI RIBUAN PEBISNIS INDONESIA.

Coach Dr Fahmi - Tak Hanya Scale Up, di GLC (Grounded Leadership Coaching) Para Peserta Belajar Extrem Scale Up
Teaching Methodology

PERJALANAN COACH DR. FAHMI MERINTIS KARIR, YANG KINI MENJADI COACH BISNIS BAGI RIBUAN PEBISNIS INDONESIA.

Sosok ramah dan bersahaja ini memang digandrungi terutama di kalangan Pebisnis di Indonesia. Beliau adalah pebisnis Indonesia asal Malang yang tersohor sebagai pengusaha sukses di berbagai bidang.

Paska lulus Sarjana Pendidikan Fisika, ia menjadi guru di Sekolah Menengah di Yogyakarta. Doa Ibundanya agar anaknya berpendidikan tinggi pun terkabul. Program sarjana ia tempuh di 2 tempat, Pendidikan Fisika dan Ilmu Hukum. Pasca sarjana, ia menempuh Pendidikan magister di Universitas Muhammadiyah Malang. Setelahnya, Ia tuntaskan program doktoral dengan jurusan Ilmu Sosial.

Berkecimpung dalam dunia Pendidikan, membuat jiwa berbaginya kian membara. Ia lantas ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan membangun program Pendidikan di Yogyakarta.

Selain bidang Pendidikan, coach Fahmi juga mengembangkan berbagai bisnisnya yang menyebar di berbagai kota.

Meskipun telah menjadi pengusaha sukses, coach Fahmi kemudian tidak tinggal diam dan hanya menikmati jerih payahnya. Sebagai ketua Lembaga dakwah kampus se-Indonesia tahun 1989-1990, coach Fahmi selalu berpikir untuk melanjutkan dakwah sesuai dengan kapasitas yang ia miliki.

Coach Fahmi juga merasa bahwa keberhasilannya dalam berbisnis adalah berkat dari bantuan banyak orang, sehingga ia merasa banyak berhutang pada banyak orang. Atas dasar itulah coach Fahmi bersemangat menemani, mendampingi, memberikan akses informasi, dan ilmu bagi siapa saja yang ingin sukses menjadi pengusaha.

“Besi hanya bisa ditempa oleh baja” adalah pernyataaan yang berkali-kali Ia sampaikan. Pesan itu disampaikan agar para pengusaha harus tangguh dan kuat sebelum menguatkan orang lain. Pesan itu ia sampaikan tidak hanya melalui kata-kata, ia juga sampaikan melalui keteladanan. Misalnya dengan cara beliau yang selalu mengembangkan diri sebagai coach dengan tidak pernah berhenti belajar. Berikut beberap training yang beliau ikuti:
– International Coach Certified from LMI, J. Meyer, Texas, USA
– International Trainer & Motivator Certified – from Center of Strategic HRM – Malaysia
– IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy)
 CH (Certified Hypnosis)
 CHt (Certified Hypnotherapy)
 International Certified from NFNLP – Horton, FLorida – USA
 CNLP (Certified Neuro Linguistic Programming)
 CMNLP (Certified Master Neuro Linguistic Programming)
 CNLC (Certified Neuro Linguistic Coach)
 CTNLP (Certified Trainer Neuro Linguistic Programming)
 International Certified Professional Trainer & Motivator and Learning Facilitator
 International Semiotic Neurolinguistic Unconscious Communication Certification Training from NFNLP, Horton, Florida, USA
 Pendidik dan Pelatih sejak Oktober 1991 serta Business Owner dari banyak bisnis.

Sejak 2014, beliau menggencarkan workshop bernama Grounded Business Coaching yang kini telah melahirkan lebih dari 3000 alumni. Coach Fahmi yang langsung turun tangan mengelola Grounded Business Coaching. Hingga tulisan ini dipublikaskan, Grounded Business Coaching telah membuka pendaftaran 2021 angkatan 54.

Tidak sulit menemukan testimoni-testimoni dari para alumni. Semuanya sangat bersemangat menyampaikan kesan yang mendalam mengenai manfaat yang diperoleh dari Grounded Business Coaching. Misalnya Dewa Eka Prayoga yang mengatakan, “Bagi teman-temen pengusaha, business owner atau siapapun anda, yang ingin ikutan, merasakan bagaimana melakukan scale up gila-gilaan, rasa-rasanya harus hadir di sini, ikut Grounded Business Coaching. Kenapa? Jarang-jarang ada workshop yang membuat kepala, otak, fisik kontraksi gila-gilaan.”

Untuk menghasilkan workshop yang berkualitas dan membangkitkan kontraksi, coach Fahmi membeberkan 2 kunci utama. Yang pertama adalah totalitas. Di Grounded Business Coaching tidak memberikan materi secara parsial. Peserta diberikan materi secara komprehensif. Sehingga peserta mampu menemukan rangkaian yang utuh dari A sampai Z demi tercapainya goal yang ingin diperoleh.

Kedua, harus disadari proses tidak berhenti di kelas. Alumni tidak hanya diproduksi, tapi dirawat agar pembelajaran terus berjalan, bisnisnya terus berlangsung, dan kehidupanya terus berkembang.

Metode ini mengharuskan untuk understanding of understanding. Yaitu membangun hubungan baik tidak hanya saat 5 hari mengikuti workshop, namun dilanjutkan dengan interaksi yang mendalam dengan memahami satu sama lain. Hubungannya harus membatin. Sehingga coach Fahmi menganggap menjaga alumni untuk terus bertumbuh merupakan tanggung jawab sumur hidup.

Menurut coach Fahmi, ada beberapa Langkah yang harus diperoleh pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya. Pertama, Audit duniamu. Salah satu Caranya adalah dengan pendekatan Grounded yaitu: Grab the data, Rank the Problem, Observe the situation, Use the tools, Navigate the project, Determine the result, Educate the team, Dare to action. Dengan memeriksa kondisi diri, misalnya latar belakang, kondisi lingkungan, dan lain-lain. Setelah mengaudit, kita akan menemukan opportunity dan masalah itulah mengapa lulusan Grounded Coaching harus meningkat kapasitasnya menjadi the opportunity hunter. Opportunity perlu diinventarisir untuk selanjutnya menentukan first step. Terakhir, tentukan big goal yang akan menjadi energi yang luar biasa. Lakukan apa yang kita ketahui yang tidak diketahui, Allah akan tunjukkan, lakukan yang kita bisa, yang tidak bisa, Allah akan mudahkan. Prinsip tersebut merupakan prinsip dari QS. At talaq ayat 1 dan 2.

Salam Grounded …

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Compare ×
Let's Compare! Continue shopping