Blog

Omset Turun Saat Pandemi Corona, Yuk Intip 5 Tips Supaya Bisnismu Tetap Survive dan Stabil!

Omset turun saat Pandemi Corona, Yuk Intip 5 Tips Supaya Bisnismu tetap Survive dan Stabil!
Krisis / Strategi Bisnis / Tips

Omset Turun Saat Pandemi Corona, Yuk Intip 5 Tips Supaya Bisnismu Tetap Survive dan Stabil!

Virus Corona atau Covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak awal bulan Maret tidak hanya mengganggu pada kesehatan masyarakat. Namun, mengganggu juga terhadap kestabilan ekonomi Tanah Air. Bahkan, menurut para pakar, ekonomi Indonesia diprediksi dapat masuk ke dalam kondisi terburuk selama masa pandemi ini.

Bentuk upaya pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus corona ini adalah dengan menerapkan physical distancing. Namun karena angka penyebaran virus dan angka kematian yang terus meningkat sampai dengan waktu ini, pemerintah kini telah meningkatkannya menjadi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan secara resmi telah diterapkan pemerintah di seluruh wilayah Indonesia. Kebijakan tersebut ternyata meningkatkan risiko sektor industri maupun para pelaku UMKM menghadapi gangguan signifikan dari sisi rantai pasok, tenaga kerja, hingga arus kas mereka.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan sharing mengenai cara atau tips mengembangkan bisnis yang sudah kita jalani supaya tetap bisa survive dan stabil meskipun dalam situasi dan kondisi yang krisis seperti saat ini.

Sebagai seorang wirausaha, kita harus bisa beradaptasi dan siap menghadapi segala macam rintangan apapun yang bisa menggoyahkan kestabilan usaha kita. Termasuk situasi dan kondisi saat ini yang kita hadapi, supaya usaha atau bisnis yang kita jalani bisa tetap stabil dan berkembang walaupun dalam keadaan sulit dan krisis seperti saat ini. Sebagaimana kutipan dari Charles Darwin. “It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent that survives. It is the one that is most adaptable to change.”
Ini bukanlah yang terkuat dari spesies yang bertahan, juga bukan yang paling cerdas yang bertahan. Ini adalah yang paling mudah beradaptasi dengan perubahan.

Berikut 5 Tips yan bisa kita lakukan supaya bisnis kita tetap survive dan stabil disaat situasi dan kondisi krisis seperti saat ini:

1. Berinovasi dan kreativitas

Inovasi dan kreativitas menjadi salah satu hal yang penting agar bisnis bisa survive dan berkembang disaat seperti sekarang ini. Sebagai seorang pebisnis, tentunya kita dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan bertindak kreatif dengan mengikuti perkembangan zaman. Ciptakan New Product dan Temukan New Market.

Perlu diketahui bahwa inovasi adalah kemampuan mencari solusi kreatif terhadap masalah dan peluang yang sedang dihadapi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide-ide segar dan cara baru untuk menghadapi masalah dan peluang dalam bisnis. Seperti mengalihkan semua bisnis kita yang tadinya menggunakan sistem offline, dengan kondisi saat ini kita bisa alihkan kepada sistem online. Seperti jual online via sosial media, mengadakan pelatihan online, private online, dan lain-lain. Sehingga bisa memudahkan pelanggan ataupun calon pelanggan untuk tetap bisa menikmati produk atau layanan dari kita.

2. Tunjukan komitmen dan loyalitas kita kepada pelanggan

Disaat kondisi seperti sekarang ini walaupun dalam keadaan sulit dan krisis, inilah waktu yang tepat untuk kita meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada bisnis kita. Yakinkan kepada mereka bahwa bisnis kita tetap survive dan mampu untuk tetap bisa melayani semua kebutuhan pelanggan dengan baik. Kejam pada nilai inti bisnis Anda untuk melayani pelanggan dengan terbaik dan yakinkan bahwa kita tetap bisa memenuhi apa yang mereka butuhkan.

3. Kemudahan dalam hal pembayaran

Disaat kondisi seperti sekarang ini, lebih disarankan untuk menggunakan pembayaran non tunai, dengan tujuan supaya tidak terjadi kontak yang bisa memicu penyebaran virus covid 19 semakin meluas. Dan kita sebagai pengusaha, seharusnya bisa memahami semua kondisi, termasuk kondisi pelanggan ataupun calon pelanggan kita. Saat ini, banyak dari mereka yang mengalami kendala dalam hal pemasukan, sehingga terjadi kesulitan bagi mereka dalam hal mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, kita harus bisa memberikan kemudahan kepada mereka dalam hal pemenuhan kebutuhan mereka, seperti memberikan keringanan pembayaran dengan dicicil. Pengusaha harus Opportunity seeker, respon dan ambil peluang secepatnya untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi pelanggan.

4. Memberikan Keringanan atau Insentif

Banyak dari kalangan pebisnis atau pengusaha yang memberikan keringanan dan insentif langsung kepada para pelanggannya yang terdampak virus corona. Memang berat dilakukan apalagi untuk bisnis atau usaha yang memang masih berkembang, namun dengan ini, kita tetap bisa menjaga eksistensi dan loyalitas usaha kita terhadap pelanggan. Beberapa contoh kebijakan yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan kupon gratis ongkir, memberikan potongan diskon untuk produk tertentu dan menyumbangkan dari keuntungan untuk membantu para korban virus corona. Supaya Market Growth bisnis Anda tetap terjaga.

5. Jaga komunikasi kita dengan pelanggan

Yang terakhir, tips dari artikel kali ini supaya bisnis kita bisa tetap survive saat wabah corona sekarang ini, kita perlu menerapkan strategi komunikasi yang baik dengan pelanggan. Banyak beberapa bisnis yang mengubah jadwal kerjanya, baik dengan memperpanjang atau malah mengurangi. Dengan demikian, kita harus menginformasikan kebijakan seperti ini kepada pelanggan ataupun calon pelanggan kita. Bisa dikomunikasikan melalui media social, website atau layanan email. Jika bisa, sesekali kita memberikan edukasi kepada pelanggan ataupun calon pelanggan kita secara gratis via online yang bisa mereka akses kapan saja dan dimana saja, sehingga mereka tetap bisa menjangkau dan mempercayai bisnis kita. Discipline action, Discipline People agar pelanggan tidak direbut oleh kompetitor.

Nah itulah pembahasan mengenai 5 tips menjaga bisnis kita supaya tetap survive saat kondisi krisis seperti ini dari Coach Dr. Fahmi. Pastikan untuk masa-masa sekarang ini bisnis kita lebih mudah ditemukan dengan adanya website dan sosial media, karena akan banyak orang yang kerja dari rumah dengan menggunakan koneksi internet untuk mencari informasi secara online.

https://coachfahmi.com/shop

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping