Blog

4 Tips dari Coach Dr. Fahmi Supaya Bisnis Anda Tetap Berkembang Disaat Pandemi.

Empat Tips agar Bisnismu tetap Berkembang disaat Pandemi
Strategi Bisnis

4 Tips dari Coach Dr. Fahmi Supaya Bisnis Anda Tetap Berkembang Disaat Pandemi.

Tips agar Bisnismu tetap Berkembang disaat Pandemi – Kegiatan dan beraktivitas dari rumah demi menghindari penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin masif di Indonesia. Hampir semua lapisan masyarakat harus melakukan aktivitas dirumah saja untuk jangka waktu tertentu, tanpa terkecuali para pengusaha.

Bahkan, beberapa perusahaan besar pun seperti IBM, Microsoft, Google dan Facebook sudah memberlakukan sistem work from home demi kesehatan dan keselamatan karyawannya. Selain perusahaan-perusahaan besar, para pengusaha UMKM juga turut terkena dampak virus tersebut. UMKM khawatir akan kestabilan bisnis mereka dan memilih untuk tetap mengurus bisnis mereka dari rumah.

Dilansir dari salah satu media berita, bahwa Community dan Partnership Paper.id, Arrayyan Firdaus mengatakan, meski di rumah, para pengusaha diminta untuk tetap optimis di tengah kondisi ekonomi global yang sedang menurun.

Beruntung, teknologi yang semakin mutakhir memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk menjalankan usaha mereka tanpa perlu keluar rumah.
Berikut adalah 4 cara dari Coach Dr. Fahmi yang bisa diterapkan untuk bisnismu agar tetap bisa berkembang dimasa pandemi:

1. Terapkan Komunikasi Intens dengan Pelanggan atau Klien Kita (Current Customer)
Komunikasi menjadi kunci penting bagi pelaku usaha agar mereka memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan. Di masa sekarang, faktor komunikasi dipermudah berkat kehadiran teknologi dan internet yang membuat komunikasi bisa terjalin tanpa melihat faktor jarak atau geografis. Untuk itu, manfaatkan aplikasi dan software yang ada dengan semaksimal mungkin. Di zaman sekarang, aplikasi messenger telah dilengkapi dengan teknologi voice call dan video call yang berbasis mobile data. Sehingga, komunikasi bisa tetap terjalin sambil bertatap muka tanpa perlu bertemu. Dengan ini, selaku pengusaha kita terbantu dalam hal komunikasi dengan pelanggan (Current Customer) ataupun calon pelanggan kita sehingga tidak terjadi missed communication yang menyebabkan pelanggan atau calon pelanggan kita menghilang.

2. Manfaatkan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Bisnis
Keberadaan sosial media harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk memasarkan bisnis kita. Para pelaku usaha kecil bisa tetap memasarkan usaha mereka tanpa perlu keluar rumah hanya lewat sosial media, seperti facebook, instagram, whatsapp, telegram, website, dan sosial media lainnya. Dengan biaya yang terjangkau serta daya jangkau yang sangat besar, dan bisnis kita akan tetap bisa dipasarkan dengan baik. Pastikan kita terus membuat konten yang menarik dan secara berkala supaya produk yang kita produksi bisa cepat sampai informasinya kepada pelanggan ataupun calon pelanggan kita. Sehingga jika mereka tertarik, maka mereka akan langsung menghubungi kita untuk mendapatkan produk kita. Temukan dan tambah terus Soon-to-be market kita.

3. Digitalisasikan Bisnis Kita
Era digital seperti sekarang ini, menghadirkan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mengelola usahanya. Digitalisasi bisnis menjadi pilihan yang penting untuk meningkatkan performa bisnis sekaligus mengembangkan bisnis kita. Ini 3 alasan yang harus kita ketahui mengenai pentingnya digitalisasi bisnis tersebut.
Pertama, digitalisasi bisnis membuat proses pekerjaan kita menjadi ringkas dan efisien. Sehingga, membuat kita lebih hemat waktu dan tenaga. Dengan demikian, pemilik usaha dapat menghemat waktu dan menggunakannya untuk hal lain yang lebih penting.

Kedua, dengan digitalisasi bisnis, kita sebagai pelaku usaha dapat meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan dengan menggunakan software atau aplikasi bisnis. Dengan demikian, kualitas pekerjaan kita terjaga dan membantu kita dalam mengambil keputusan yang baik bagi usaha kita.

Terakhir, kemajuan teknologi mempermudah kita dalam mengelola banyak hal, salah satunya adalah pembuatan invoice dan bukti pembayaran. Meski terkesan simpel, invoice merupakan salah satu elemen dalam bisnis yang memiliki intensitas penggunaan sangat tinggi.

Dengan digitalisasi bisnis kita berpeluang untuk melakukan perluasan market yaitu kita akan menemukan Soon-to-be market, Shift market, Unexplored market bahkan Refusing market akan kita dapatkan dengan memberikan penawaran-penawaran produk yang menarik.

4. Bermitra dengan Perusahaan lain
Pada zaman sekarang ini, sudah bukan lagi zamannya menurutkan ego sendiri. Kita perlu kerjasama dan membangun kemitraan dengan yang lain dalam upaya mengembangkan usaha atau bisnis kita. Banyak cara untuk bisa saling menjalin kerjasama antara pelaku bisnis.

Bisa kita lihat, banyak perusahaan startup yang membuka peluang untuk saling kerjasama. Contohnya perusahaan ojek online dan juga payment.
Sebut saja, Gojek dan Grab merupakan dua diantara perusahaan startup yang senantiasa merangkul para pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya. Mereka menyediakan aplikasi pesan antar makanan yang membuat pola bisnis yang saling menguntungkan antara pihak mereka dengan para pelaku UMKM.

Satu lagi, perusahaan-perusahaan startup dibidang payment gateway yang sedang naik daun saat ini. Sebut saja OVO, Gopay, Dana, Link Aja. Mereka juga bermitra dengan merangkul para pelaku usaha dalam hal pembayaran. Zaman digital seperti sekarang ini, banyak para pengguna yang sudah mengalihkan uang cash mereka kepada uang digital. Sehingga memudahkan mereka dalam hal pembayaran ketika mereka belanja atau membeli sesuatu yang mereka mau dan butuhkan tanpa harus membawa uang cash kemana-mana.

Itulah 4 cara yang bisa diterapkan dibisnis Anda selama pandemi dan lakukan secara terus menerus, supaya tetap bisa berkembang bahkan lebih meningkat.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping