Blog

Mau Sukses Survive dalam Berbisnis? Bangun Melalui 10 Business Mentality Berikut!

Mau Sukses Survive dalam Berbisnis Bangun Melalui 10 Business Mentality Berikut!2
Business Mentality / Strategi Bisnis

Mau Sukses Survive dalam Berbisnis? Bangun Melalui 10 Business Mentality Berikut!

Business Mentality sangatlah penting dimiliki oleh seorang Pengusaha dalam perjalanan menggapai mimpi dalam bisnisnya. Dengan berbagai latar pendidikan, banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang pengusaha sukses dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang tujuannya untuk memiliki penghasilan lebih besar, ingin memberikan peluang bagi orang lain yaitu dengan membuka lowongan pekerjaan, ingin lebih dekat dengan keluarga dan punya banyak waktu, mandiri secara financial dan ada juga yang bosan menjadi karyawan terus.

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, kita harus mempersiapkan segalanya. Bukan hanya modal, tetapi kita juga harus memiliki mental dan karakter entrepreneurship yang kuat.

Seperti yang dikatakan oleh Coach Dr. Fahmi, bahwasanya business mentality itu sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Karena, dengan business mentality tersebut kita bisa survive, bisa siap menghadapi rintangan-rintangan bisnis yang akan kita hadapi. Seperti halnya di saat ini, dimana seluruh dunia merasakan dampaknya termasuk pada sektor ekonomi. Hal ini dapat menggoyahkan para pelaku usaha atau bisnis.

Dalam buku yang ditulis oleh Coach Dr. Fahmi, yaitu Sukses Membangun Bisnis dengan Grounded Strategy, beliau menulis bahwa semua bisnis membutuhkan ketekunan dan ketahanan dalam menghadapi kesulitan agar tetap sukses berkelanjutan. Banyak pebisnis memulai usahanya dengan melalui masa-masa harus bekerja 14 sampai dengan 16 jam sehari tanpa henti. Sikap mental laksana baja sangat dibutuhkan untuk tetap bertahan dan akhirnya meraih sukses. Untuk melakukan turnaround atau scalling up dibutuhkan stamina dan energi, baik fisik ataupun mental. Siap menghadapi semuanya dengan penuh semangat dan kesabaran. Tugas terberat pemimpin ketika menghadapi situasi sulit adalah menyemangati anggota tim untuk tetap berada dalam semangat terbaik, ibarat layang-layang agar tetap dalam ketinggian terbaiknya. Pemimpin harus mampu secara terus-menerus menularkan hal-hal positif kepada anggota timnya agar mereka mau bekerja lebih keras. Pemimpin yang sukses adalah yang berani mengambil keputusan setiap saat terutama pada keadaan sulit dan tidak pasti. Jika seorang pengusaha tersebut tidak memiliki business mentality yang kuat, maka dikhawatirkan dia akan berhenti di tengah jalan, yang akhirnya semua yang menjadi goalsnya hanya sekedar mimpi saja.

Lantas, apa saja mental dan karakter yang harus dimiliki seorang pengusaha sukses ? 10 hal berikut bisa menjadi alternatif jawabannya:

1. Punya Niat dan Tekad yang Kuat
Saat pertama kali memulai bisnis, tentu kita akan berhadapan dengan banyak hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Dengan memiliki niat dan tekad kuat sejak awal, kita akan bisa melewati semua hal tersebut dengan lancar. Namun, jika niat kita dari awal masih setengah-setengah, maka hasil yang kita dapatkan pun tidak akan maksimal.

2. Cerdas Secara Emosional
Menurut Wikipedia, kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol semua emosi yang dimilikinya dan orang di sekitarnya. Orang yang cerdas secara emosi akan bersikap lebih tegas dan mampu mengendalikan perilakunya sehingga bisa terbebas dari perilaku-perilaku negatif. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.

3. Mempunyai Kedisiplinan Tinggi
Disiplin merupakan salah satu karakter yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Jadi jika kita ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, maka seharusnya kita mulai mendisiplinkan diri kita supaya bisnis yang kita jalankan bisa terus berkembang dan maju. Dengan disiplin, kita tidak akan lagi melalaikan pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita.

4. Percaya akan Kemampuan Diri Sendiri
Percaya akan kemampuan diri sangatlah diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Seorang pengusaha yang memiliki karakter percaya pada kemampuannya, akan lebih bisa mengendalikan keraguan dan kegelisahannya dalam menjalani bisnis. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, kita akan bisa menentukan keberhasilan bisnis yang kita jalankan.

5. Memiliki Kemauan Keras
Dalam setiap urusan, pasti mempunyai rintangan, masalah dan kendala, termasuk dalam berbisnis. Namun, jika kita memiliki mental, sifat, karakter dan kemauan yang keras untuk bisa sukses, maka kita akan bisa melewati semua itu dengan mudah. Para pengusaha yang sudah sukses, menilai bahwa kemauan yang keras inilah yang menjadi salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha jika dia ingin sukses. Jadi bukan yang hanya sekedar mau saja, tapi harus disertai dengan kesungguhan dan tindakan.

6. Berani dalam Mengambil Risiko
Setiap keputusan yang kita ambil, terkadang memiliki resikonya, termasuk menjadi seorang pengusaha. Karena itu, kita harus berpikir matang-matang sebelum mengambil suatu keputusan. Keputusan dalam berani mengambil risiko ini menjadi salah satu mental dan karakter seorang pengusaha. Dan jika terjadi risiko rugi dalam berbisnis itu sudah biasa, maka tugas kita selanjutnya adalah bagaimana supaya kesalahan itu tidak terulang lagi.

7. Jujur dan Amanah
Dalam membangun rasa percaya dan loyalitas antar pelaku bisnis ataupun dengan pelanggan, cara yang paling sukses adalah dengan kejujuran dan amanah, sebagaimana karakter yang dimiliki oleh Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena kepercayaan itu tidak akan dibangun dari kebohongan. Sudah seharusnya karakter ini ditanamkan pada diri seorang pengusaha jika ingin sukses. Karena jika tidak, maka bisnisnya tersebut tidak akan bertahan lama. Kepercayaan akan hancur dan bisnispun akan rugi.

8. Tidak Mudah Menyerah
Seorang pengusaha haruslah memiliki jiwa pantang menyerah. Karena dalam berbisnis tentu banyak rintangan dan masalah yang terjadi begitu saja, misal bisnis kita mengalami kerugian, seorang pengusaha yang memiliki jiwa pantang menyerah lah yang akan bertahan. Jika jatuh, segeralah bangkit dan coba lagi, biarlah kegagalan kemarin menjadi pelajaran dan pengalaman yang berharga untuk kita.

9. Kreatif dan Inovatif
Karena dalam dunia bisnis itu sangat ketat persaingannya, maka sifat kreatif dan inovatif sangatlah penting dan diperlukan. Secara sederhana, kreatif adalah suatu sifat untuk mencari hal-hal yang baru sedangkan inovatif adalah sifat yang selalu mencari solusi kreatif. Dengan menciptakan produk baru yang berbeda dengan produk lainnya, maka bisnis kita akan mempunyai nilai lebih di mata konsumen. Jika tidak, maka bisnis kita akan tertinggal jauh dan bahkan kalah saing dengan kompetitor kita.

10. Tawakal, Ikhlas dan Bersyukur
Karakter spiritual yang penting dimiliki oleh seorang pengusaha yaitu tawakal, ikhlas dan bersyukur terhadap hasil yang didapatkan nanti. Seorang pengusaha dituntut untuk memiliki tekad dan kemauan yang keras untuk bisa sukses. Namun, seorang pengusaha juga harus memiliki sifat selalu tawakal yang mana semua usaha dan kerja kerasnya semua diserahkan kepada Allah yang Maha Berkehendak, karena Allah lah yang Maha Tahu mana yang terbaik untuk kita. Tidak semua apa yang kita inginkan dan kita anggap baik, belum tentu baik menurut Allah. Dibarengi dengan ikhlas dan bersyukur terhadap hasil yang didapatkan kedepannya.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping