Blog

Belajar Leadership, 5 Hal Penting dalam Membangun Jiwa Leadership

Business man pushing large stone up to hill , Business heavy tas
Leadership

Belajar Leadership, 5 Hal Penting dalam Membangun Jiwa Leadership

Belajar Leadership – Bisnis yang hebat pastilah memiliki leader yang hebat. Saya tidak tahu apakah Anda seorang leader di sebuah perusahaan yang memiliki cita-cita bahwa suatu hari perusahaan Anda harus tumbuh hebat dan kuat. Tetapi Insyaallah dengan Anda masuk, membaca artikel ini saya yakin Anda adalah calon pemimpin hebat yang juga akan membawa perusahaan menjadi hebat dan kuat di masa depan.
Mengapa Penting Belajar Leadership?
Karena belajar tentang kepemimpinan sangat mendasar dalam penerapan strategi bisnis, sangat penting bagis sebuah bisnis memiliki leader yang pembelajar, smart, kuat dan rendah hati. Organisasi bisnis membutuhkan leader yang mampu menggerakkan tim, mengarahkan kepada perubahan dan memastikan keberhasilan.
Sehingga seorang leader adalah orang yang harus terdepan dalam sebuah proses menuju pertumbuhan, yaitu belajar. Termasuk belajar tentang leadership itu sendiri (memahami makna Leadership) dan lebih dari itu adalah Membangun Jiwa Leadership pada dirinya.
Di artikel ini Anda akan belajar 5 dari 15 hal yang tugas dalam Membangun Jiwa Leadership pada diri Anda ala Grounded Leadership.
Inilah Lima Tugas Pertama Anda dalam Membangun Jiwa Leadership:

1. Membangun Wibawa dan Kekuasaan yang Dipatuhi
Belajar menjadi seorang leader, mengharuskan Anda belajar mampu mengerahkan sumber daya untuk percepatan dalam pencapaian target-target perusahaan. Dan untuk mudah mengerahkan dan memberdayakan sumber daya Anda harus memiliki 2 hal yaitu wibawa dan kekuasaan yang dipatuhi.

Banyak pemimpin pemula yang menganggap bahwa pemimpin yang hebat adalah yang mampu memikul beban berat dengan bisa atau mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Padahal pemimpin hebat sesungguhnya adalah pemimpin yang mampu menggerakkan orang lain dalam mencapai tujuan dan hasil sesuai target perusahaan dengan rasa sukarela dan dengan potensi terbaik masing-masing sumber daya.

2. Mengembangkan Potensi Diri dan Sumber Daya yang Dimiliki
Sekedar berhasil mengeluarkan potensi diri sendiri dari seorang leader dan potensi sumber daya yang dimiliki memang kadang cukup dan bisa menghantarkan pada keberhasilan mencapai target yang diinginkan.

Tetapi, terus menerus demikian atau bekerja stagnan pada satu tingkat performa seringkali menjadi bom waktu. Membahayakan saat suatu masa perusahaan berada dalam masa sulit seperti hal nya di masa pandemic saat ini.

Penting untuk seorang leader mampu mengembangkan potensi diri dan sumberdaya yang dimiliki. Leader yang mampu mengembangkan potensi akan menciptakan mentalitas senantiasa optimis dan mendorong semangat juang tim untuk meraih sukses dan semakin sukses. Karena tim membutuhkan energi yang dipancarkan oleh seorang pemimpin. Yang dengan energi itu membuat mereka dengan sukarela bekerja mencapai tujuan.

3. Leader Sebagai Penggerak Seluruh Anggota Tim
Seoarang leader juga haruslah pandai mengelola semua sumber daya yang ada agar aktif bergerak dan menggerakan semua anggota tim. Distribusikan tugas-tugas dengan baik, berikan anggota tim kepercayaan untuk bekerja dengan potensi diri terbaik mereka untuk mencapai target, berikan motivasi, support dan dukung penuh setiap anggota tim yang butuh.

Prinsipnya, jangan ada bagian dari tim yang diam tanpa hasil. Ibarat mesin bermotor, satu saja gear nya tidak berputar, rusaklah mesinnya. Pastikan semua bergerak, pastikan semua berkontribusi. Mulai dari leader, berkontribusi sebagai penggerak seluruh anggota tim.

4. Menjadi Pendorong Tumbuhnya Semangat Produktivitas
Seorang leader harus menjadi penagih hasil yang disiplin, mendorong semua orang yang ada menjalankan tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatannyaserta memberikan hasil kerja yang yata kepada perusahaan.

Semangat menghasilka kerja nyata, sangat dibutuhkan agar terbangun pola dan irama kerja yang efektif dan efisien. Sehingga semua orang bekerja dengan sukacita. Bayangkan jika setiap individu di perusahaan Anda memberikan yang terbaik kepada perusahaan, bisnis Anda akan tumbuh melesat.

5. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Mustahil sumber daya dalam sebuah perusahaan mau memberikan yang terbaik dan mampu menghasilkan kinerja terbaik jika kondisi lingkungan tidak kondusif bagi yang ada di dalamnya. Leader harus mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Membiasakan untuk saling bertegur sapa dan membangun keakraban satu dengan yang lain. Peraturan yang ada di perusahaan hendaknya tidak mengekang atau kaku tetapi memperhatikan aspirasi karyawan, misalnya membolehkan karyawan memakai jins ke kantor, kecuali jika bertemu customer, mengecat ruang kerja lebih berwarna dan masih banyak lagi.

Demikianlah 5 tugas pertama yang harus Anda bangun sebagai seorang leader. Sudah siapkah Anda untuk menjadi leader yang hebat, yang akan membawa perusahaan yang Anda pimpin juga menjadi perusahaan yang hebat?

Satu persatu alumni pelatihan Grounded Leadership Coaching kami telah merasakan manfaat dari mengaplikasikan sedikit demi sedikit ilmu Grounded Leadership di dalam kepemimpinan di perusahaan mereka. Dan kali ini Kami tunggu kabar gembira dari Anda setelah mengaplikasikan 5 hal yang Anda dapatkan di Artikel ini.

Selamat Berjuang, Sukses
Semoga Bermanfaat

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping