Blog

Inilah 3 Alasan Mengapa Karakter Kepemimpinan (Leadership) itu Penting dalam Upaya Scale Up Bisnismu!

Inilah 3 Alasan Mengapa Karakter Kepemimpinan (Leadership) itu Penting dalam Upaya Scale Up Bisnismu!
Leadership

Inilah 3 Alasan Mengapa Karakter Kepemimpinan (Leadership) itu Penting dalam Upaya Scale Up Bisnismu!

Karakter Kepemimpinan dalam Scale Up Bisnis – Bagi seorang pebisnis atau pengusaha, mempunyai karakter kepemimpinan (leadership) itu sangatlah penting. Karena, karakter tersebut sangatlah berperan penting apabila seorang pebisnis atau pengusaha menginginkan terjadinya scale up pada usaha yang dijalaninya.

Dikutip dari wikipedia, Kepemimpinan (leadership) merupakan sebuah bidang riset dan juga suatu keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk “memimpin” atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi.

Coach Dr. Fahmi menulis dalam bukunya Membangun Kepemimpinan Tangguh (Total Leadership) Di Era Digital; Membangun Kekuatan Pengaruh dan Kemampuan Menggerakkan Sumber Daya di Era Perubahan, menyatakan bahwa seorang Grounded Leadership paham mendalam siapa dirinya, potensi yang dimiliki organisasinya, dan tantangannya, paham mendalam tentang organisasi dan lingkungannya dimana dia menjalankan fungsi kepemimpinan dan paham mendalam siapa yang dipimpinnya, apa karakternya, paham potensinya dan kemana tujuannya. Paham mendalam siapa yang dihadapi, siapa kawannya, siapa lawannya dan dimana keberadaan pesaingnya. Bagaimana situasi yang dihadapi, perubahan yang sedang dihadapi dan bagaimana mengelola ketidakpastian dalam meraih tujuan organisasi.

Karakter kepemimpinan (leadership) merupakan pondasi terpenting sebuah organisasi. Kepemimpinan berbicara tentang bagaimana seseorang dapat mempengaruhi dan menginspirasi orang lain. Bagaimana seseorang bisa membuat orang lain mau belajar dan bekerja ekstra dengan ikhlas? Banyak yang mengatakan, bahwa kemampuan leadership itu berhubungan dengan bakat, tetapi yang pasti, kepemimpinan adalah keterampilan yang perlu dilatih secara terus-menerus, dan bukan hanya dipelajari ilmu dan teorinya.

Banyak permasalahan yang harus dihadapi oleh suatu organisasi atau perusahaan bisnis. Maka dari itu, peran penting seorang pemimpin perusahaan diperlukan untuk menyelesaikannya. Tidak sekadar kehadiran, seorang pemimpin yang baik akan bisa memahami bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain itu, seorang pemimpin juga harus mampu mendorong tim nya untuk tetap bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Karakter kepemimpinan memang tidak selalu harus dimiliki pimpinan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Namun, setiap orang yang memperoleh tanggung jawab membawahi orang lain perlu untuk meningkatkan kemampuan leadershipnya. Hal tersebut diperlukan untuk mengelola bagaimana kerjasama antar tim. Selain itu, seorang pemimpin juga harus mampu menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan keuntungan perusahaan sehingga hal tersebut bisa dipahami dan dilakukan oleh tim dengan baik.

Setiap orang sebenarnya memiliki bakat kepemimpinan. Namun, kesuksesan mengembangkan kemampuan kepemimpinannya itu tergantung kepada pribadi masing-masing dalam mengembangkan dan mempraktekkan bakat kepemimpinan yang dimilikinya tersebut.

Pada dasarnya seorang pemimpin akan memberikan pengaruh terhadap tim yang dipimpinnya. Artinya, pengaruh pemimpin perusahaan terhadap perusahaannya tersebut bisa kita lihat dari bagaimana perkembangan perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya. Keberhasilan atau kegagalan bisnis pasti akan berkaitan dengan pemimpin yang bersangkutan. Dengan demikian karakter kepemimpinan (leadership) dalam bisnis merupakan suatu hal yang harus diperhatikan karena perannya sangat penting.

Menjadi seorang pemimpin memanglah tidak mudah, apalagi memimpin dalam suatu usaha atau bisnis. Seorang pemimpin harus memikirkan cara untuk terus menghasilkan keuntungan. Seorang pemimpin juga harus mencari cara untuk memberdayakan sumber daya manusia yang ada. Memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin.

Dalam dunia bisnis tidak selamanya segala sesuatunya akan berjalan dengan mulus, ada saatnya bertemu masalah yang harus diselesaikan dengan berbagai risiko, sehingga diperlukan leadership mindset dalam bisnis. Untuk itu, perlu sekali seorang pemimpin memiliki karakter kepemimpinan (leadership) yang baik, kuat dan terlatih.

Lantas, mengapa pemimpin dalam bisnis membutuhkan karakter kepemimpinan (leadership) yang kuat ? Inilah 3 Alasan Mengapa Karakter Kepemimpinan (Leadership) itu Penting dalam Upaya Scale Up Bisnismu !

1. Untuk Bisa Menentukan Strategi Bisnis
Seorang pelaku bisnis bertanggungjawab menentukan arah perkembangan bisnisnya kedepan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sukses, kemudian berapa banyak penjualan yang ingin dicapai serta berapa banyak pelanggan yang akan dilayani, semua hal ini tentunya membutuhkan strategi.

Strategi itu sendiri istilahnya adalah cara yang membawa perahu bisnisnya berjalan mengarungi samudra, apakah akan melesat atau justru tenggelam, dan semua itu adalah hasil arahan leader atau pemilik bisnis itu sendiri.

Tentunya diperlukan keterampilan untuk mengelola bagaimana kerjasama antar semua tim yang terlibat dalam bisnis tersebut. Selain itu juga harus menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan profit keuntungan bisnis.

2. Berorientasi pada Solusi
Seorang pelaku bisnis yang baik selalu memiliki insiatif supaya mampu memberikan solusi bagi permasalahan timnya, pelanggannya, maupun terhadap bisnisnya. Hal ini penting karena sadari pelayanan yang baik otomatis akan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis kita.

Para pebisnis yang memiliki karakter leadership kuat, tentunya mau terlibat dalam proses bisnis yang berkaitan dengan perbaikan dan penyelesaian masalah. Selain itu juga tetap mampu mendorong semua tim dalam bisnis untuk tetap bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

3. Koordinasi yang baik dalam Bisnis
Sikap kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam bisnis salah satunya yaitu untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan semua tim yang terlibat dalam bisnis tersebut, supaya bisa tercapai tujuan bersama. Arahan bisnis yang sudah ditetapkan tentunya harus dijalankan dengan baik oleh semua pihak berkaitan dan dalam prosesnya harus ada koordinasi dan komunikasi yang baik pula.

Kita mengarahkan atau mengkoordinasikan semua elemen dalam bisnis kita berarti kita juga bertindak dan mengajak. Tindakan tersebut juga berarti kita mulai membangun bisnis, membangun tim bisnis dan juga membangun sistem dalam suatu bisnis.

Pada akhirnya, siapapun diri kita, sebenarnya memiliki bakat kepemimpinan, namun kesuksesannya bergantung pada bagaimana masing-masing dari kita mengembangkan bakat yang dimiliki.

Oleh karena itu, The Indonesian Board of Grounded Business Coaching mengajak dan merangkul para pengusaha untuk siap scale up bisnisnya lebih maju lagi yang akan langsung dibimbing dan dimentori oleh Coach yang sudah berkecimpung di berbagai bidang bisnis dan berpengalaman membimbing bisnis-bisnis baru maupun yang sudah jalan untuk scale up bisnisnya, yaitu Coach Fahmi selaku pembina di Grounded.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping