Blog

5 Mindset Yang Wajib Dibangun oleh Seorang Business Owner Jika Ingin Sukses

Mindset Yang Wajib Dibangun oleh Seorang Business Owner jika ingin Sukses coach dr fahmi
Business Owner / Mindset

5 Mindset Yang Wajib Dibangun oleh Seorang Business Owner Jika Ingin Sukses

Seorang Business Owner atau Pengusaha merupakan seseorang yang melakukan kegiatan wirausaha yang mampu memasarkan, mengembangkan serta mampu mengatur jalannya usaha itu agar dapat bertahan lama dan dapat terus mengeluarkan ide-ide serta inovasi terbaru melalui perkembangan zaman.

Menurut para ahli, arti dari entrepreneur/pengusaha adalah:
Pertama, menurut Peter F. Drucker, beliau mendefinisikan pengertian entrepreneur adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, “ability to create the new and different”.

Kedua, menurut Thomas W. Zimmerer, pengertian entrepreneur adalah penerapan kreativitas dan kegiatan inovasi untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

Ketiga, menurut Kasmir, pengertian entrepreneur adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.

Dan Keempat, menurut Soeparman Soemahamidjaja bahwa pengertian entrepreneur adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat, kiat, dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

Coach Dr. Fahmi dalam berbagai kesempatan di kelas workshop Grounded Business Coaching selalu menyampaikan bahwa seorang entrepreneur harus dapat mengatur mindset atau pola pikirnya. Mindset untuk seorang entrepreneur atau Business Owner harus ditanamkan sejak dini karena mindset merupakan salah satu hal penting bagi seorang entrepreneur. Dalam buku Strategi Anak Muda Bikin Bisnis UMKM Go International, Coach Dr. Fahmi menuliskan bahwa Business Owner harus memiliki mental yang kuat, pantang menyerah, visioner, dan selalu berpikiran positif serta iman pada masa depan yang baik. Business owner harus berpikir bahwa bisnis yang dia dirikan akan bertahan lama.

Berikut 5 Mindset yang wajib dibangun oleh Business Owner yang membuat seorang entrepreneur tersebut dapat sukses, yaitu sebagai berikut:

1. Mindset awal yang harus dimiliki oleh seorang business owner atau entrepreneur yang pertama adalah selalu berfikir positif. Dengan mindset berfikir positif tersebut, seorang business owner atau entrepreneur dapat membentuk kepercayaan dirinya dan dapat mengetahui kualitas dari dirinya sendiri untuk membangun sebuah motivasi agar dapat lebih berkembang dan maju.
Dengan berfikir positif juga dapat membuat seorang business owner dapat fokus untuk mencapai sebuah tujuan supaya dapat melewati rintangan-rintangan untuk menuju kesuksessan.

2. Mindset kedua yang perlu dimiliki oleh seorang Business Owner atau entrepreneur adalah bertanggung jawab dengan keputusan yang diambil, dimana seorang business owner tersebut memiliki kesempatan untuk menciptakan banyak inovasi baru, tanpa memikirkan hal-hal yang dapat merugikan bisnis atau usaha mereka. Mindset inilah yang harus diubah dari seorang business owner atau entrepreneur. Karena, seorang entrepreneur tentu harus bertanggung jawab terhadap segala aspek yang terkait dengan usahanya, serta kesejahteraan usaha dan timnya.

3. Mindset yang ketiga adalah seperti slogan dari para pengusaha senior yang sukses. Yaitu “Mulai dari sekarang! Tanpa Tapi dan Tanpa Nanti”. Tidak ada seorang pengusaha yang langsung sukses ketika merintis sebuah bisnis atau usahanya. Akan tetapi, dengan memiliki semangat untuk maju dan sikap pantang menyerah, seorang business owner atau entrepreneur dapat melewati banyak rintangan-rintangan yang menghadang dan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.

4. Mindset yang keempat adalah siap dan berani untuk gagal. Banyak kutipan dari para pengusaha senior yang mengatakan bahwa “Jika kamu tidak siap menerima resiko dan mendapatkan kegagalan dalam berbisnis, kamu gak usah jadi Pengusaha!”. Semua orang yang telah sukses pasti pernah merasakan yang dinamakan dengan kegagalan, dan hal tersebut merupakan resiko atau sunnatullah dalam berbisnis.
Untuk memulai suatu bisnis, janganlah merasa takut akan kegagalan serta kerugian yang akan didapatkan, karena itu semua adalah hal-hal awal untuk mencapai suatu kesuksessan. Cara untuk meminimalisir kegagalan tersebut adalah dengan mau belajar dari kesalahan serta kritikan dari orang lain, bergabunglah dengan komunitas-komunitas pengusaha di sekitarmu, belajar dari pengalaman mereka yang sudah sukses, kemudian ikuti juga seminar atau pelatihan yang menunjang kemampuan kita dalam mengembangkan usaha kita. Dan jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

5. Dan Mindset yang kelima adalah memiliki komitmen atau tekad yang kuat. Dalam memulai sesuatu kita harus memiliki komitmen serta tekad yang kuat, supaya kita dapat fokus pada satu tujuan yang ingin kita capai. Dengan memiliki komitmen yang kuat tersebut, kita dapat mencapai tujuan dengan mudah serta kita dapat bersikap lebih professional dalam mengerjakan atau menjalankan usaha agar dapat lebih berkembang dan maju.

Mindset atau cara berfikir tersebutlah yang merupakan cara atau langkah dasar yang akan membawa kita kepada tujuan kita, impian kita ataupun goal-goal besar yang ingin kita capai tentunya. Maka dari itu, mulailah merubah pola pikir kita dari yang salah menjadi yang lebih baik, dari yang negatif kepada yang positif, dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Mulai dari sekarang, jika kita ingin menjadi seorang Business Owner atau Entrepreneur, maka mulailah dengan berfikir positif dan percaya bahwa kita bisa melakukan hal apa saja yang kita inginkan dan jangan pantang menyerah untuk mencapai kesuksessan dalam usaha atau bisnis kita.

Teruslah berusaha, berdo’a dan meminta do’a dari orang tua kita, saudara, ataupun siapa saja serta teruslah bertawakal kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala yang menentukan segalanya.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping