Blog

Ini Dia 8 Parameter yang Harus Dikuasai UMKM Sebelum Masuk Facebook Scale Up Bisnis.

Coach Dr Fahmi - Ini Dia 8 Parameter yang Harus Dikuasai UMKM Sebelum Masuk Facebook Scale Up Bisnis
Scale Up / Strategi Bisnis

Ini Dia 8 Parameter yang Harus Dikuasai UMKM Sebelum Masuk Facebook Scale Up Bisnis.

Secara umum bisnis UMKM merupakan salah satu pelaku usaha yang berhasil menumbuhkan berbagai aspek usaha yang mereka jalani tertunda dengan berbagai indikator yang terukur dan objektif. Mulai dari aspek produksi produk, pemasaran, biaya dan lembaga dan tidak kalah pentingnya adalah sumber daya manusia. Semua aspek inilah yang nantinya akan mendukung bisnis UMKM bisa lebih berkembang pesat.

Selain itu bisnis ini memiliki karakteristik entrepreneur yang ditandai dengan perilaku, sikap, semangat dan kemampuan yang memadai dalam mengembangkan usaha yang mengarah pada meningkatnya efisiensi, menciptakan produk baru dan cara bekerja yang lebih baik untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Tentunya setiap usaha memiliki peluang dan potensi yang sama agar bisa Scale Up yang lebih tinggi. Mulai semua usaha mikro bisa Scale Up ke usaha kecil, kemudian usaha kecil bisa Scale Up menjadi usaha menengah, dan bahkan usaha menengah bisa naik kelas menjadi usaha yang lebih besar.

Mengapa bisnis UMKM harus mampu Scale Up yang lebih tinggi?

Tentunya anda akan lebih penasaran mengapa sebuah bisnis harus bisa naik kelas ke skala yang lebih besar? nah, untuk mengobati rasa penasaran itu maka silahkan simak pembahasan berikut ini:

1. Globalisasi Ekonomi
Tentunya setiap pelaku usaha tidak bisa menghindarkan diri dari cepatnya arus perubahan yang disebabkan oleh adanya globalisasi. Tentunya dengan semakin berkembangnya teknologi informasi yang sudah semakin canggih ini pastinya berdampak pada ekonomi dunia. Selain itu juga berbagai bidang di kehidupan manusia. Sehingga sebagai pelaku usaha anda harus siap untuk menghadapi pesatnya perubahan globalisasi ekonomi.

Persaingan ketat dalam bisnis ini tidak hanya terjadi pada dalam negeri saja, tetapi di luar negeri juga semakin bebas untuk masuk ke pasar Indonesia. Nah, produk dari UMKM harus bisa bersaing di skala besar dengan cara naik kelas. Kalau tidak maka banyak para pelaku UMKM yang harus tersingkirkan.

2. Daya saing semakin meningkat
Situasi bisnis saat ini sedang dihadapkan dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi, informasi sudah semakin mudah tanpa batas, sudah banyak terjadi peniruan produk, pelanggaran hak cipta dan masih banyak lagi lainnya. Namun jangan sampai anda terjerumus dalam arus ini, tetap yang anda prioritaskan adalah meningkatkan daya saing atau competitive rivalry dari UMKM di pasar global.

3. Akselerasi perkembangan usaha
Tidak ada usaha yang bisa tumbuh besar secara tiba-tiba, semuanya pasti terbentuk secara bertahap. Mulai dari usaha mikro menjadi usaha kecil, kemudian menjadi usaha menengah, dan bahkan menjadi usaha dengan skala besar. Tentunya semua itu dilakukan demi menjaga kesinambungan antar pelaku usaha dalam meningkatkan kapasitas kelas atau Scale Up bisnis.

8 Parameter yang Harus Dikuasai UMKM Sebelum Scale Up Bisnis
Tentunya dalam mengembangkan UMKM kita membutuhkan strategi dan langkah-langkah yang tepat. Mengingat saat ini banyak para pelaku UMKM berdiri sendiri namun usaha yang dijalankan tidak mampu berkembang dengan baik, bahkan sering mengalami kerugian dan harus tutup. Nah. Pada kesempatan kali ini ada penjelasan mengenai 8 parameter yang harus dikuasai UMKM agar bisa naik kelas.

1. Survey dan observasi lokasi yang berpotensi
Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah memilih lokasi yang berpotensi dijadikan sebagai tempat jualan yang lebih bagus. Tentunya semua itu bisa anda lakukan dengan melakukan survey tempat yang memiliki target pasar yang lebih baik. Hal ini bertujuan agar anda tahu kalau tempat yang akan anda gunakan usaha ini membutuhkan produk yang nantinya anda jual. Kemudian akses logistik lebih mudah atau tidak dan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan saat anda membuka cabang di lokasi tersebut.

2. Mengikuti pameran atau festival
Langkah ini tentunya bisa mendukung eksistensi produk yang akan anda jual. Tentunya dengan masyarakat semakin mengenal produk anda maka mereka akan mau menggunakan produk baru anda. Nah, dengan adanya festival dan pameran ini bisa yang bisa menjangkau pasar lebih luas. Ini bagian dari Exploiting Networking dan New Market. Tentu anda harus pintar memilih acara pameran yang cocok dengan produk yang anda tawarkan.

3. Mulai membangun relasi atau Exploiting Networking dengan sesama pengusaha
Tentunya dalam dunia bisnis tidak hanya melakukan perdagangan sendiri, tetapi anda juga membutuhkan relasi yang lebih banyak dengan sesama usaha lainnya. Tentunya dengan semakin banyak relasi maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan vendor yang terpercaya. Selain itu akan membuka peluang lebih besar untuk memperluas bisnis yang baru anda jalankan dalam rangka perluasan pasar atau market growth dan pertumbuhan bisnis atau business development.

4. Meningkatkan mutu pelayanan
Tentunya agar bisnis anda bisa berkembang lebih besar lagi maka anda harus mau meningkatkan mutu pelayanan yang memuaskan untuk semua pelanggan. Anda pun sebaiknya juga menerima kritik dan saran sebagai pelajaran atau learn from criticism sehingga ini menjadi kesempatan anda untuk terus memperbaiki mutu pelayanan yang lebih baik. Sehingga bisnis yang anda jalankan bisa semakin berkembang dan bisa naik kelas dalam upaya meningkatkan skala bisnis anda atau change your size business.

5. Mengikuti perkembangan teknologi bisnis
Hidup di era digital seperti ini kuncinya adalah jangan sampai ketinggalan teknologi. Tentunya teknologi inilah yang nantinya membantu anda untuk mengembangkan bisnis. Mulai dari administrasi, transaksi, komunikasi dan penjualan. Kini pasar sudah menuntut kita untuk bisa kerja lebih cepat dan terpercaya. Melalui teknologi kita bisa mengetahui dan menganalisa apa yang menjadi trend sekarang dan masa depan atau Analyze Future Trends sehingga memperbesar kesempatan Anda mengembangkan bisnis Anda.

6. Memanfaatkan media sosial untuk proses pemasaran produk
Setiap pelaku UMKM pastinya ingin usahanya naik kelas, salah satunya memanfaatkan pemasaran atau marketing yang lebih efektif. Nah, hidup di era digital ini semua orang sudah menggunakan ponsel dengan jaringan internet untuk mengakses media sosial. Tentunya anda bisa memasarkan produk anda secara digital agar lebih mudah dikenal banyak pelanggan. Tentunya pengaruh media sosial sekarang lebih besar maka anda bisa melakukan pemasaran produk dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan media sosial lainnya.

7. Memanfaatkan e-commerce untuk membantu penjualan produk
Kini di era digital semua orang lebih memilih untuk melakukan belajar online. Mengingat aktivitas ini bisa anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Sehingga menawarkan banyak kemudahan dan efisien waktu. Nah, agar bisnis anda bisa berkembang pesat anda juga bisa menerapkan E-commerce untuk menawarkan jasa untuk menjual produk secara online. Anda bisa menggunakan beberapa situ yang bisa menjual produk anda agar bisa memperluas target pasar.

8. Menggunakan sistem ERP mengatur Akuntansi dan inventaris
Tentunya menjalankan bisnis tidak hanya jual beli saja, jadi ada sesuatu yang penting yaitu paham alur administrasi dan kondisi finansial perusahaan anda. Tentunya dibutuhkan perhitungan dan catatan atas setiap transaksi. Maka dari itu anda bisa memanfaatkan sistem ERP untuk membantu anda dalam mengelola akuntansi dan inventaris anda.

Setelah 8 parameter ini sudah dikuasai, maka setiap UMKM sudah bisa masuk facebook Scale Up bisnis. Tentu kita ketahui bersama kalau Facebook saat ini sudah menjelma menjadi salah satu media promosi bisnis yang memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan dengan yang lainnya. Tentu dengan mempromosikan bisnis di Facebook maka ini menjadi kesempatan anda untuk Scale Up bisnis anda pada skala yang lebih besar. Tentunya dengan menguasai 8 parameter diatas.

Demikianlah penjelasan mengenai 8 parameter yang harus dikuasai UMKM sebelum masuk facebook Scale Up bisnis. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk membantu anda mengembangkan bisnis di era digital seperti saat ini.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping