Efek Pandemi Covid-19 (Virus Corona) untuk Bisnis Haruslah Menjadi Goncangan yang Menguatkan.

hurry to start
Covid-19 / Krisis / pandemi / Strategi Bisnis

Efek Pandemi Covid-19 (Virus Corona) untuk Bisnis Haruslah Menjadi Goncangan yang Menguatkan.

Efek Pandemi untuk Bisnis – Ya, Kehadiran virus covid-19 yang menjadi pandemi dunia saat ini juga menjadi pandemi tersendiri untuk para pelaku bisnis di seluruh dunia pada umumnya. Termasuk, para pelaku bisnis di Indonesia hampir semua merasakan dampaknya.

Seolah pandemi virus covid-19 ini adalah rintikan air hujan yang begitu lebat yang menghantam kaca mobil kita saat kita mengemudikan mobil kita. Jika kita tidak menghidupkan windscreen wiper (penyeka kaca) mobil kita, maka pandangan kita akan terbatas, tidak bisa melihat jauh kedepan dan tentunya besar resiko mengalami kecelakaan.

Maka, pemilik atau pemimpin perusahaan / bisnis dalam menghadapi pandemic virus covid-19 ini haruslah menghidupkan windscreen wiper (penyeka kaca) perusahaannya. Agar tetap bisa melihat kedepan, agar tetap melanjutkan perjalanan berproses menuju goal yang sudah ditetapkan. Agar tetap dalam keselamatan membawa seluruh penumpang menuju tujuan.

Pandemi untuk bisnis sebenarnya adalah moment, moment untuk membangun bisnis, moment untuk menguatkan bisnis. Karena disinilah para pemiliki bisnis diuji dan dilatih untuk:

1. Membangun Bisnis
Membangun Bisnis adalah sesuatu yang mulia, membangun bisnis layaknya membangun rumah. Fondasi harus dikuatkan, pila-pilar harus dipastikan tegak berdirinya. Baru kemudian memikirkan bagaimana desain rumah yang diinginkan.

2. Membangun Bisnis yang Kuat
Tentunya Ketika Anda membangun sebuah rumah, Anda tidak boleh dan tidak mau membangun sekedarnya. Anda pasti menginginkan rumah yang kokoh, rumah yang kuat. Tidak lain adalah agar Anda bisa memastikan Anda, seluruh keluarga Anda dan siapapun yang berada dalam rumah yang Anda bangun merasa tenang Ketika berada disana.

Demikian pula Ketika Anda membangun sebuah perusahaan, tentunya Anda ingin dengan adanya perusahaan tersebut Anda menjadi lebih tenang dan siapapun yang berada di dalam perusahaan tersebut juga merasa tenang.

Seringkali kemenangan hadir karena ketenangan.

Dan saat seperti ini, sebenarnya adalah saat yang tepat untuk semakin menguatkan perusaahaan yang Anda bangun. Tetapi hal ini hanya mungkin terjadi ketika Anda dan Bisnis Anda sudah menerapkan 9 pilar bisnis dan 9 pilar leadership yang menjadi fondasi kuat. Karena itulah cara Membangun Bisnis dan pribadi yang Kuat.

Baca Juga: membangun 9 pilar keunggulan bisnis

3.Cara Membangun Bisnis yang Kuat

Kuatnya Fondasi sebuah bisnis berbanding lurus dengan Mindset yang dimiliki oleh pemiliki / pimpinan perusahaan. Apakah Anda sebagai pemimpin perusahaan sudah memiliki mindset yang membuat Anda kuat menghadapi segala situasi dalam dunia bisnis? Termasuk dalam kondisi pandemi seperti ini.

Ada baiknya, untuk memahami lebih dalam tentang mindset ini Anda bisa membaca sebuah buku yang berjudul Mindset karya dari Carol S. Dweck Ph.D. Gambaran besar dalam buku ini menjelaskan tentang perbedaan dua pola pikir dasar yang membedakan dan membentuk kehidupan kita, yaitu Growth Mindset (pola pikir pertumbuhan) dan Fix Mindset (pola pikir tetap).

Simak video tentang Growth Mindset dan Fix Mindset

Bagus jika Anda sudah memiliki bukunya dan sudah membacanya. Tetapi tidak ada salahnya untuk Anda mencoba membaca kembali buku tersebut. Karena biasanya membaca dalam kondisi berbeda, akan membuahkan sebuah pemahaman yang berbeda.

Selain menguatkan Mindset, Anda juga harus memastikan pilar bisnis dalam perusahaan Anda tetap tegak berdirinya dalam kondisi apapun. Pilar-pilar dalam bisnis Anda bisa jadi salah satunya adalah Super Tim Anda yang selalu memiliki Growth Mindset.

4. Menguatkan Tim, sama dengan Menguatkan Perusahaan

Sebuah rumah tentu berdiri tak cukup hanya bermodal fondasi. Tentu yang membuatnya kuat berdiri adalah pilar bisnis yang saling mendukung antara satu dengan lainnya. Jika demikian dan salah satu pilar dalam sebuah perusahaan adalah tim, maka pastikan tim Anda adalah tim yang kuat, tim yang tetap tegak berdirinya dalam apapun situasi dan kondisi dunia bisnis yang sedang dihadapi.

Salah satu penguat sebuah tim untuk senantiasa tegak, menyokong perusahaanya adalah ketika tim memiliki satu emosi penting terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Adalah emosi atau perasaan merasa memiliki.

Karena, dalam perjalan sebuah bisnis, tentu tidak selamanya berjalan mulus atau baik-baik saja. Seperti yang kita hadapi bersama saat ini. Banyak bisnis yang sedang tidak baik-baik saja karena kehadiran virus covid-19 yang menjadi pandemic dunia.

Dan inilah masa ujian bagi perusahaan, bagi pemilik perusahaan, untuk menjawab sebuah pertanyaan, sudahkan selama ini membangun menguatkan pilar-pilar bisnis perusahaannya? Maka, perusahaan-perusahaan yang memang sudah tegak dan kokoh, apapun kondisi yang sedang dialami oleh semua pilar akan tetap bertahan.

Perubahan mungkin dilakukan, ibarat rumah yang diterjang badai mungkin hanya merubah desain atau menambah sesuatu agar lebih tahan menghapai terjangan bagai, tanpa harus roboh atau sengaja merobohkan diri agar tidak terkena hantaman bagai.

5. Ujian Hadir untuk Menguatkan
Seperti halnya ketika duduk dibangku sekolah, saat ujian seolah-olah adalah saat-saat yang menakutkan. Sejatinya adalah saat-saat dimana itulah awal sebuah kabar gembira, awal sebuah kebahagiaan.

Karena, untuk mereka yang siap menghadapi ujian, dan menghadapi ujian dengan baik dan benar setelah berlalunya masa ujian, maka kelas mereka pasti dinaikkan.

Karena sebenarnya, pandemic ini adalah ujian, dan harusnya setiap ujian adalah moment yang menguatkan dan membahagiakan. Karena sejatinya setelah kita mampu melewati ujian tersebut maka kita saatnya merasakan musim semi atau yang biasa disampaikan oleh Coach Dr. Fahmi, setelah kita berhasil melewati pandemic ini karena selama pandemic kita terus belajar, terus bergerak menghadapi kesulitan-kesulitan dan terus menempa diri untuk bertumbuh maka saatnya kita akan menyambut musim semi pasca pandemic.

Pertanyaannya adalah, sudah siapkah Anda menghadapi ujian karena pandemic?

Banyak strategi-strategi bisnis yang bisa digunakan supaya perusahaan tetap mampu berdiri kokoh, kuat dan terus bertumbuh Ketika menghadapi ujian, bisa Anda dapatkan dengan belajar di Grounded Business Coaching dan Grounded Leadership Coaching bersama Coach Dr. Fahmi. Semoga bermanfaat.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping