Blog

Strategi Scale Up Bisnis Untuk Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan

383476255_10229962857314568_4075012635163458534_n
Teaching Methodology

Strategi Scale Up Bisnis Untuk Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan

Membangun perusahaan yang sukses lebih dari sekadar meningkatkan penjualan dan pendapatan saja. Saat melakukan peningkatan skala bisnis (scale up), organisasi perusahaan pasti memerlukan strategi bisnis, team work yang solid, dan bisnis proses yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, menciptakan produk berkualitas sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan, dan berbagai layanan baru. Scale up merupakan strategi jangka panjang yang berkelanjutan. Menurut data dari McKinsey, hanya 22% bisnis baru yang diluncurkan dalam dekade terakhir yang berhasil berkembang.
Beberapa kesalahan umum yang sering terjadi sewaktu melakukan scale up bisnis yaitu sebagai berikut:
a. memprioritaskan tujuan jangka pendek daripada tujuan jangka panjang,
b. kehilangan fokus,
c. mengabaikan proses dan sistem untuk mendorong efisiensi,
d. kurang gesit dan lincah mengambil kesempatan dan keputusan.

Coach Dr. Fahmi dalam karya bukunya yang berjudul “Algoritma Scale Up, The Black Book of Scale Up. Membangun Algoritma Scale Up Dalam Segala Situasi. Scale Up adalah Spirit untuk Bangkit Bagi Bangsa” menyampaikan bahwa banyak perusahaan mampu mengubah angka-angka bisnisnya, mampu meningkatkan produksi, menambah cabang, menambah reseller, meningkatkan omset dan beroperasi untuk menjaga pendapatan. Tetapi sayangnya, dia gagal mempertahankan kemampuan angka-angka yang sudah dicapai tersebut dan di beberapa perusahaan ada yang gagal melakukan scale up karena gagal memberdayakan semua sumber daya perusahaan, gagal dalam meningkatkan jaringan serta gagal dalam meningkatkan kapabilitas dan kemampuan pegawainya.

Organisasi bisnis yang berhasil dalam scale up senantiasa mempertimbangkan bagaimana proses pekerjaan dilakukan berdampak pada semua area organisasi. Saat menetapkan tujuan, organisasi haruslah tetap agile/gesit, sehingga tim akan siap untuk mengubah strategi jika pasar atau kebutuhan pelanggan berubah. Pelaku usaha haruslah memikirkan dan memahami strategi pertumbuhan yang tepat untuk perusahaan mereka. Strategi pertumbuhan yang paling efektif untuk perusahaan akan bergantung pada pasar tempat beroperasi dan tahapan bisnis yang dijalankan, dan mengetahui pengungkit pertumbuhan mana yang dapat ditarik, maka di sini pengaturan waktu menjadi aspek yang penting.

3 Fase Dasar Pertumbuhan Bisnis
Ada tiga fase dasar pertumbuhan: startup, scale up, dan grown up. Setiap fase ini memiliki karakteristik dan tantangan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing fase:
Startup:
Fase startup adalah fase awal dalam kehidupan bisnis di mana sebuah perusahaan baru didirikan. Fokus utama dalam fase ini adalah mengembangkan produk atau layanan awal, mengidentifikasi pasar target, dan memulai operasi. Tantangan utama adalah membangun model bisnis yang berkelanjutan, mendapatkan pelanggan pertama, dan mengatasi masalah pendanaan awal.
Scale up:
Fase scale up adalah fase di mana bisnis mulai tumbuh secara signifikan dalam hal pendapatan, pelanggan, dan sumber daya. Fokus utama dalam fase ini adalah memperluas operasi, meningkatkan produksi, dan meningkatkan pangsa pasar. Tantangan utama adalah mengelola pertumbuhan yang cepat, menjaga kualitas produk atau layanan, dan mendapatkan pendanaan tambahan untuk mendukung ekspansi.
Grown up:
Fase grown up adalah fase di mana bisnis telah matang dan mapan dalam pasar. Fokus utama dalam fase ini adalah mempertahankan keunggulan kompetitif, mengelola risiko, dan mengoptimalkan operasi. Tantangan utama adalah beradaptasi dengan perubahan pasar, mengembangkan strategi jangka panjang, dan mempertimbangkan opsi seperti diversifikasi atau ekspansi internasional.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua bisnis akan melewati ketiga fase ini dalam urutan yang sama atau dengan tingkat pertumbuhan yang sama. Setiap bisnis memiliki perjalanan uniknya sendiri, dan beberapa mungkin bahkan tetap berada dalam fase startup atau scale up untuk waktu yang lama sebelum mencapai tahap grown up. Strategi dan keputusan yang tepat di setiap fase ini akan sangat memengaruhi kesuksesan jangka panjang perusahaan.
Organisasi bisnis yang ingin Scale Up yang sukses memerlukan kinerja hebat, karakter unggul dan ekosistem yang mendukung. Organisasi bisnis yang kokoh akan mampu menghadapi tantangan dan mampu terus tumbuh. Siap beroperasi di skala besar. Maka setiap Business leader yang ingin scale up perlu menciptakan ruang pertumbuhan. “The Biggest Room in The World is The Room of Improvement”. (Helmut Schmidt).

Dapatkan materi, tools berbagai ilmu bisnis dengan mengikuti Grounded Business Coaching (GBC). Program ini wajib diikuti oleh Trainer/Motivator, Manajer, Direktur, General Manajer, CEO dan Business Owner.
Segera hubungi team The Indonesian of Grounded Business Coaching. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi wa.me/6285646732123 (Henny).

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare